6 Alasan Mengapa VPS Lebih Menguntungkan

Minggu, 04 April 2021

Virtual Private Server atau biasa disebut VPS seringkali masih dirasa belum terlalu penting bagi IT perusahaan. Banyak orang merasa bahwa penyimpanan file website atau file lainnya di dunia maya atau cloud dapat menggunakan layanan shared hosting. Namun tahukah Anda, selain biaya yang relatif sama, VPS memiliki segudang keuntungan dibandingkan shared hosting atau layanan serupa.

Pada dasarnya, VPS merupakan computer virtual atau server virtual yang dapat digunakan seperti komputer biasa dan Anda dapat memilih Sistem Operasi (OS) sesuai dengan preferensi Anda baik itu Linux maupun Windows, mengolah dan menyimpan data/file, hingga menjalankan berbagai aplikasi software yang dibutuhkan.

Berikut merupakan alasan mengapa penggunaan VPS lebih menguntungkan.

1.Kustomisasi Spesifikasi dan Akses Lebih Mudah.

Dengan VPS Anda tidak perlu memusingkan spek komputer yang Anda miliki. Hanya dengan menghubungkan koneksi Internet, Anda dapat bekerja menggunakan VPS dengan ukuran SSD (hardisk penyimpanan), memory, dan virtual processor yang besar sekalipun sesuai kebutuhan Anda. Selain itu VPS juga dapat diakses secara realtime selama 24 dan menjadikannya lebih fleksibel dibanding bekerja dengan komputer biasa.

2.Lebih Fleksibel dengan berbagai OS

Anda dapat dengan mudah mengganti OS yang digunakan baik Windows maupun dan tidak dibatasi seperti web hosting yang memiliki fungsi lebih terbatas. Pada penggunaan OS Linux misalnya, hanya dengan beberapa langkah Anda dapat bebas menggunakan Centos, Ubuntu, Debian, Fedora dan lainnnya sesuai kebutuhan dan preferensi Anda.


3.Lebih Aman dan Menggunakan IP Dedicated.

Berbeda dengan web hosting atau shared hosting dimana server dipakai secara bersama-sama dan dengan sistem operasi dan control panel yang sama pula, pada VPS Anda akan diberikan username dan password khusus serta IP Dedicated yang hanya digunakan untuk Anda sendiri. Keamanan server Anda akan menjadi lebih terjamin dibandingkan layanan web hosting atau layanan lain yang serupa.

4.Pilihan Aplikasi Tak Terbatas

Berbeda dengan web hosting, dengan VPS Anda dapat menginstall dan menggunakan aplikasi apapun yang dibutuhkan dan juga dapat menghapusnya ketika sudah tidak digunakan lagi. Lain halnya dengan web hosting yang hanya dapat menggunakan aplikasi tertentu saja.

5.Optimasi Performa

Apabila Anda menggunakan shared atau web hosting, maka seluruh komponen berikut resource server akan digunakan bersama-sama dengan pengguna lainnya. Berbeda dengan VPS Anda akan mendapatkan performa lebih baik karena resource server hanya digunakan untuk Anda sendiri.

6.Perawatan Mudah

Perawatan VPS jauh lebih mudah dibandingkan merawat server fisik Anda sendiri dan tidak memakan waktu dan biaya yang besar. Cukup serahkan kepada penyedia VPS Anda yang memperbaiki dan Anda hanya perlu membayar biaya bulanan saja.

Kapan VPS diperlukan ? VPS dapat mengakomodasi kebutuhan Anda akan server yang memiliki spesifikasi tinggi dan dapat diakses publik untuk keperluan seperti hosting website, aplikasi perusahaan, e-commerce dengan performa yang tinggi dan sebagainya. Selain itu, VPS juga dapat digunakan untuk menyimpan email server, monitoring forex (trading), membuat VPN, encoding video dan masih banyak lagi.

Sumber : https://blog.dnetprovider.id/2018/04/07/posts-6-alasan-mengapa-vps-lebih-menguntungkan/

07/04/2018 Patricia Adheline Tech Updates



Recent Post

Card image cap

kisah Mahasiswa Abadi : Anthony Brutto.

Minggu, 08 Agustus 2021

...

Selengkapnya
Card image cap

Posisi Mendikbud Dinilai Sesuai Tantangan Revolusi Industri

Rabu, 07 Juli 2021

...

Selengkapnya
Card image cap

Menristekdikti: Jadikan Revolusi Industri 4.0 Peluang bagi Indonesia Berkreasi dan Berevolusi

Minggu, 06 Juni 2021

...

Selengkapnya